BAHASA JAWA

iklan banner
MASIGNCLEAN101

WAYANG

iklan banner
WAYANG /PEWAYANGAN 
Pegeralaran yang menggunakan boneka itu disebut wayang yang beruwujud 2 atau 3 dimensi yang wujudnya bagian pewayangan atau gambar-gambar atau mengejawantah watak dan jiwa pribadi manusia. Yang berwujud 2 dimensi biasaya wayang terubuat dari kulit (walulang) atau dari kertas, sedangkan yang berwudud 3 dimensi biasanya terbuat dari kayu. Karena kemajuan jaman wayang sekarang sudah bisa digunakan menggunakan media digital yang disebut e wayang. 
Ceritaa wayang biasanya diambil dari Epos Ramayana dan Juga Mahabharata sebagai babonya. biasanya jika mengambil dari babon ramayana dan mahabharata wayangnya disebut wayang purwa. Ada juga cerita yang diambil dari daeraha arab biasanya ceritanya 1001 malam, Wayang ini diberi nama wayang Menak.
ADA KELANJUTANYA

CARITA RAMAYANA
Prabu rama atau prabu ramawijaya mempunyai ayah yang bernama prabu dasarata kang memerintah di daerah aydoya. Prabu dasarata mempunyai istri 3 yaiku : kasulnya yang mempunyai anak Rama, Sumitra mempunyai anak Laksamana dan satrugna, dan kakayi yang mempunyai anak bernama bharata.
Prabu Rama memerintah di daerah Pancawati Rama melu sayembara ing negara mantili. Dalam sayembara tersebut rama berhasil membawa hasil yaitu Dewi Sinta. Rama Titisanya Dewa Wisnu dan Sinta Titisanya Dewi Laksmi.


Share This :
WONG BIASA